Al-Hallaj; Kitab Kematian

  • Sebuah misbah menyala dari cahaya Sang Zat Yang Tak Terlihat. Ia menjulang, jauh melampaui misbah-misbah yang lainnya. Ibarat bulan, ia biaskan Kemilaunya atas bulan-bulan yang lain.Ialah Gemintang yang berumah dibiduk Empyrean. Allah memberinya nama yang "Tak tertulis," seperti tergambar dalam keinginanNya. Nama yang yang ditahbiskan oleh Keagungan Kasih Sayang_Nya. Nama itu bernisbat di Makkah, tempat Ia berdiam diri dalam Kehadiran_Nya.
  • Sekali Ia kukuhkan Keperkasaannya, terangkatlah segala beban "Yang telah membuatmu menderita." Maka, sebagaimana Allah menyingkapkan badr, segeralah purnama terbit dari balik awan berkabut Yamaamah, dari balik bukit Tuhaamah (Makkah). Kilau kemilau sang Misbah seolah serta merta tercurah dari Mata-Air Ketuhanan Yang Maha Pemurah.
  • Ia jelas tidak bicara tentang banyak hal kecuali dengan cakrawala pandangan yang luas. Dan tak akan berbuat apa-apa kecuali mengikuti kebenaran yang Ia lakukan. Dirinya senantiasa ada dalam Hadirat Allah, lalu membawa segalanya pada-Nya. Ia memandang; dan karenanya Ia ada. Ialah yang kemudian diutus sebagai penunjuk jalan. Menggariskan mana saja yang layak umat manusia lakukan.
  • Tak ada seorangpun yang dapat melihat Misbah itu, selain Orang Yang Tulus (Siddiq), yang berkali-kali semenjak dulu menegaskan kebenarannya. Menyertainya hingga tak ada Tabir yang memisahkan mereka.
  • Tak seorang Arif pun yang mengetahui jejaknya bersedia mengabaikan hakikat kualitas Misbah itu. Kualitas cahaya itu hanya terlihat jelas bagi siapa yang Allah kehendaki. "Mereka itulah orang-orang yang kami turunkan Kitab..., meski ada diantara sebagian mereka yang menyembunyikan kebenaran, padahal mereka menyadarinya." (Q.S 2; 46)
  • Cahaya-cahaya kenabian memancar dari cahaya sang misbah, yang bersumber dari cahaya Zat Yang Misterius. Diantara cahaya-cahaya itu,tak ada yang lebih cemerlang, lebih berseri-seri, atau lebih tak tercipta-daripada-ketakterciptaan dibanding cahaya Sang Pemilik Kedermawanan.
  • 'Pabila kau berlari menghindar dari langkah dan petunjuk-Nya, jalan manakah yang hendak kau tempuh, oh kau yang merana? Puncak dan tujuan akhir para filsuf, tak lain, adalah sehimpunan isyarat yang tiba melalui kebijaksanaan-Nya.

                                                          
    AL-Halajj

No comments:

Post a Comment