Abdul Hadi W. M.
Syair Tasawuf
Akhir masa peralihan Hindu ke Islam sebenarnya tidak bisa
dibatas secara jelas. Hal ini disebabkan karena karya-karya dari abad
ke-15 dan 16 M masih terus digubah kembali pada abad-abad berikutnya.
Penyaduran dan penciptaan kembali hikayat-hikayat itu juga dilakukan
secara intentif dalam bahasa-bahasa Nusantara lain seperti Jawa, Sunda,
Aceh, Bugis, Madura, Sasak, Banjar, Minangkabau, Makassar dan Mandailing
hingga abad ke-19 M. Tetapi pada akhir abad ke-16 M dan awal abad ke-17
M, bersamaan dengan berkembangnya kesultanan Aceh Darussalam sebagai
pusat baru kegiatan penulisan sastra Melayu, gelombang kedua pemikiran
Islam bermula. Pada masa ini islamisasi realitas benar-benar dijalankan
secara penuh dan Islam dipakai sebagai cermin untuk melihat dan memahami
realitas kehidupan dalam hampir seluruh aspeknya.
Dua
gejala dominan yang saling berhubungan muncul pada masa ini, yaitu
kecenderungan untuk memusatkan diri pada renungan-renungan tasawuf.
Terutama dalam ikhtiar menjawab masalah hubungan manusia dengan Yang
Abadi. Gejala dominan kedua ialah upaya untuk merumuskan sistem
kekuasaan berdasarkan cara pandang Islam. Kecenderungan kedua ini
memunculkan hasrat untuk menyusun teori kenegaraan yang ideal (Taufik
Abdullah 2002). Pada masa inilah muncul tokoh-tokoh besar di bidang
keagamaan dan sastra yang berpengaruh bagi perkembangan intelektual
Islam di Nusantara dalam abad-abad selanjutnya. Tokoh-tokoh Hamzah
Fansuri dan Syamsudin Sumatrani (disebut juga Syamsudin Pasai) bersama
murid-muridnya dapat dikatakan mewakili gejala dominan pertama.
Sedangkan gejala dominan kedua diwakili oleh Bukhari al-Jauhari dan
Nuruddin al-Raniri. Dua tokoh yang disebut terakhir ini muncul pada
paruh pertama abad ke-17 M, ketika Aceh mencapai puncak kejayaannya
sebagai pusat keagamaan, kebudayaan dan kegiatan politik Islam. Pada
masa inilah kitab-kitab keagamaan – fiqih, teologi dan tasawuf – untuk
pertama kalinya ditulis secara sistematis dan ilmiah.
Ciri lain dari gelombang kedua ini ialah suburnya penulisan puisi-puisi
keagamaan, khususnya syair-syair tasawuf. Para penyair Melayu tidak lagi
sekadar menyadur dan menggubah kembali karya-karya Arab dan Parsi,
melainkan mulai benar-benar melahirkan karya yang orisional dan
ekspresif. Pengaruh dari munculnya karya-karya semacam ini ialah
bangkitnya sebuah kesadaran baru, khususnya kesadaran pentingnya
individualitas. Karya-karya para penulis Aceh ini memperlihatkan bahwa,
diakui atau tidak, Islam telah merupakan bagian dari ’diri yang sah’ dan
utuh dalam sejarah peradaban dan kebudayaan bangsa-bangsa Nusantara.
Seperti dikatakan Taufik Abdullah, ”Dalam gelombang kedua ini, teori
kekuasaan yang bertolak dari pendekatan sufistik mulai dirumuskan.
’Negara’ tidak lagi sekadar refelksi dari kedirian sang raja tetapi juga
pranata yang merupakan wadah bagi terwujudnya kesatuan yang harmonis
antara ’raja’ dan ’rakyat’, dan antara makhluq dan Khaliq” (Ibid).
Hamzah Fansuri.
Tokoh
utama gejala pertama ialah Hamzah Fansuri, seorang sufi terkemuka, ahli
agama, sastrawan besar dan pengembara. Dia dilahirkan di tanah Fansuri
atau Barus, dan diperkirakan hidup antara pertengahan abad ke-16 dan 17
M. Sejak akhir abad ke-16 M tanah kelahirannya masuk ke dalam wilayah ke
kerajaan Aceh Darussalam. Menurut Ali Hasymi (1984), bersama saudaranya
Ali Fansuri, dia mendirikan sebuah dayah (pesantren) besar di daerah Singkil, tidak jauh dari tempat kelahirannya.
Hamzah Fansuri mempelajari tasawuf dalam tariqat Qadiriyah yang
didirikan oleh Syekh Abdul Qadir Jilani. Setelah mengembara ke berbagai
pusat Islam seperti Baghdad, Mekkah, Medinah dan Yerusalem, dia kembali
ke tanah airnya dan mengembangkan ajaran tasawuf sendiri. Dia juga
pernah mengembara ke Iran, Afghanistan, India, Siam, Semenanjung Malaya,
Jawa, Sumbawa dan Kalimantan. Sebagai sufi dia menempuh jalur pemikiran
wujudiyah Ibn `Arabi, Sadrudin al-Qunawi dan Fakhrudin `Iraqi.
Sedangkan karangan-karangan sastranya diilhami terutama oleh karya-karya
Fariduddin al-`Aththar, Jalaluddin al-Rumi dan Abdur Rahman al-Jami.
Semua nama itu merupakan sufi terkemuka Arab dan Parsi pada abad ke-13 –
15 M.
Hamzah Fansuri menulis banyak kitab, tetapi yang dijumpai hingga kini ialah tiga risalah tasawufnya, masing-masing Syarab al-`Asyiqin (Minuman Orang Berahi), Asrar al-`Arifin (Rahasia Ahli Makrifat) dan al-Muntahi. Syarab al-Asyiqin dianggap
sebagai karyanya yang pertama dalam bahasa Melayu dan sekaligus risalah
tasawuf pertama dalam bahasa Melayu (al-Attas 1970). Versinya yang lain
diberi judul Zinat al-Muwahhidin (Perhiasan Ahli Tauhid).
Sedangkan syair-syair tasawufnya yang dijumpai tidak kurang dari 32
ikat-ikatan atau untaian1. Syair-syairnya dianggap sebagai ’syair
Melayu’ pertama yang ditulis dalam bahasa Melayu, yaitu sajak empat
baris dengan pola bunyi akhir AAAA pada setiap barisnya (al-Attas 1968;
Braginsky 1991 dan 1992). Syamsudin al-Sumatrani (w. 1630 M) menyebut
sajak-sajak tersebut sebagai ruba’i, yaitu sajak empat baris dalam dua misra’ (Ali Hasymi 1975)
Syair-syairnya punya ciri-ciri khusus yang sebagian darinya kemudian
ditransformasikan menjadi konvensi puitika dan estetika sufi Melayu.
Banyaknya kata-kata dan istilah Arab, khususnya dari al-Qur’an dan
Hadis, dalam syair-syairnya menunjukkan bahwa pada masa hidupnya proses
islamisasi kebudayaan Melayu berlangsung dahsyat. Dan sang penyair sudah
memainkan peranan utama sebagai pelaku dari proses islamisasi itu.
Ciri-ciri penting ssyair-syair Hamzah Fansuri ialah:
Pertama,pemakaian penanda kepengarangan seperti faqir, anak dagang, anak jamu, `asyiq dan lain-lain, yang kesemuanya ditransformasikan dari gagasan sufi tentang peringkat rohani (maqam) tertinggi di jalan kerohanian atau ilmu suluk.
Kedua, banyak
petikan ayat al-Qur’an, Hadis, pepatah dan kata-kata Arab, yang
beberapa di antaranya telah lama dijadikan metafora, istilah dan citraan
konseptual penulis-penulis sufi Arab dan Parsi. Di antara tamsil atau
citraan konseptual yang diambil dari al-Qur’an dan dijadikan pusat
renungan sufi ialah al-bayt al-ma`mur (Q 52:4) untuk menyebut Ka’bah dan kalbu;qaba qawsayn awadna (53:9) = jarak lingkaran dua busur, menggambarkan dekatnya Tuhan dengan manusia; ayna-ma tuwallu fa-tsamma wajh Allah (Q 2:115) = kemana pun kau memandang akan tampak wajah Allah; kuntu kanzan.
Ketiga, dalam setiap bait terakhir ikat-ikatan syairnya sang sufi selalu mencantumkan nama diri dan takhallus-nya,
yaitu nama julukannya yang biasanya didasarkan pada nama tempat
kelahiran penyair atau kota di mana dia dibesarkan. Di situ penyair juga
mengungkapkan tingkat dan pengalaman kesufianyang dicapainya. Di sini
penyair benar-benar menekankan pentingnya individualitas dalam
penciptaan puisi (Teeuw 1994; Abdul Hadi W. M. 2001: 136-146).
Keempat, penggunaan
tamsil dan citraan-citraan simbolik atau konseptual yang melukiskan
pengalaman dan gagasan kesufian mereka berkenaan dengan cinta, kemabukan
mistikal, fana’, makrifat, tatanan wujud dan lain-lain. Misal anggur
atau arak adalah lambang kemabukan mistik. Simbol lain yang digunakan
penyair ialah burung (untuk ruh), ikan yang menyatu dengan lautan
(persatuan mistik) ; kekasih atau Mahbub (Tuhan); kapal
yang berlayar ke Bandar Tauhid (perjalanan ruhani seorang beriman);
bukit rantang atau puncak gunung tempat seorang `asyiq bertemu dengan
Kekasihnya; Ka’bah (lambang hati seseorang yang imannya teguh) dan
lain-lain. Tamsil-tamsil ini ditransformasikan ke dalam lingkungan
budaya dan alam kehidupan Melayu. Anggur dirubah menjadi arak dan
serbat, gelas anggur dirubah dengan takir dari daun pisang. Selain itu
terdapat cukup banyak tamsil yang diambil dari alam kehidupan dan budaya
Melayu, seperti kayu, kapur barus, perahu dengan perlengkapannya dan
masih banyak lagi tentunya. Kelima, karena paduan yang seimbang
antara diksi (pilihan kata), rima dan unsur-unsur puitik lainnya,
syair-syair Hamzah Fansuri menciptakan suasana ekstase (wajd) dalam pembacaannya, tidak kurang seperti suasana yang tercipta pada saat para sufi melakukan wirid, zikir dan sama’, yaitu konser musik kerohanian yang disertai dengan zikir, nyanyian dan pembacaan sajak.
Ciri lain yang menonjol dalam pembaharuan Hamzah Fansuri dalam sastra
Nusantara ialah penekanannya terhadap individualitas. Penekanan terhadap
individualitas berkenaan dengan hakikat pengalaman kesufian itu
sendiri. Annemarie Schimmel (1981:17) mengatakan:“Tasawuf berarti, pada
periode perumusannya, terutama sebagai pendalaman ajaran Islam secara
ruhaniah, suatu pengalaman pribadi tentang rahasia inti dari agama
Islam, yaitu tauhid, ‘penyaksian (musyahadah) bahwa Tuhan itu esa”.
Untuk menjelaskan bahwa yang diungkapkannya dalam puisi-puisinya
merupakan pengalaman pribadi, dalam bait-bait penutup untaian syairnya
(terdiri dari 13 sampai 21 bait) penyair selalu membubuhkan nama dan takhallus-nya. Dalam konvensi sastra sufi ini dimaksudkan sebagai pembebasan jiwa, yang bentuknya antara lain ialah fana’ (hapusnya
nafsru rendah disebabkan menyatu dengan Kehendak Yang Abadi. Bentuk
lain pembebasan jiawa ialah makrifat. Kutipan berikut ini menunjukkan
hal tersebut:
Hamzah Fansuri di negeri Melayu
Tempatnya kapur di dalam kayu
Asalnya manikam di manakan layu
Dengan ilmu dunia di manakan payu
Hamzah Syahr Nawi terlalu hapus
Seperti kayu sekalian hangus
Asalnya laut tiada berarus
Menjadi kapur di dalam barus
(Ikat-ikatan XXVI, MS Jak. Mal. 83)
Dalam syair “Hamzah Fansuri di negeri Melayu/Tempatnya kapur di dalam
kayu...” dia menggunakan tamsil pohon barus yang merupakan penghasilan
utama kota kelahirannya. Tamsil itu digunakan untuk menggambarkan
pengalaman fana’, seperti dikatakannya “Seperti kayu sekalian hangus”.
Kadang-kadang ia menggantikan citraan kayu dengan tubuh jasmaninya
sendiri sebagai tempat yang batin (jiwa) melakukan `uzlat sehingga akhirnya mendapat pencerahan dan menyaksikan bahwa dirinya sebenarnya lebih merupakan makhluq ruhani dibanding makhluq jasmani:
Hamzah `uzlat di dalam tubuh
Ronanya habis sekalian luruh
Zahir dan batin menjadi suluh
Olehnya itu tiada bermusuh
(Ikat-ikatan XVIII, Ibid)
Kadang perjalanan seorang ahli tasawuf digambarkaan sebagai pelayaran
menuju Bandar Tauhid. Perjalanan tasawuf pada hakikatnya juga merupakan
penyelaman ke dalam lautan wujud. Untuk itu ditampilkan tamsil-tamsil
penyelaman ke dalam lautan. Penyir menggunakan tamsil kenaikan di
antaranya juga memperlihatkan akrabnya penyair dengan budaya dan
kehidupan masyarakat Melayu. Keindahan pakaian wanita Melayu yang
tinggal di rumah yang berpatam birai dan pintu-pintunya penuh dengan
ukiran indah, dijadikan tamsil untuk menyampaikan gagasan tasawufnya.
Subhan Allah terlalu kamil
Menjadikan insan alim dan jahil
Dengan hamba-Nya da’im Ia washil
Itulah mahbub yang bernama adil
Mahbubmu itu tiada berlawan
Lagi alim lagi bangsawan
Kasihnya banyak lagi gunawan
Olehnya itu beta tertawan
Bersunting bunga lagi bermalai
Kainnya warna berbagai-bagai
Tahu ber(sem)bunyi di dalam sakai (=makhluq)
Olehnya itu orang terlalai
Ingat-ingat kau lalu lalang
Berlekas-lekas jangan kau mamang
Suluh Muhammad yogya kaupasang
Supaya salim jalanmu datang
Rumahnya `ali berpatam birai
Lakunya bijak sempurna bisai
Tudungnya halus terlalu pingai
Da’im ber(sem)bunyi di balik tirai
Jika sungguh kau `ashiq dan mabuk
Memakai khandi pergi menjaluk
Ke dalam pagar yogya kaumasuk
Barang ghayr (=yang selain) Allah sekalian kau amuk
(Ikat-ikatan II, Ibid)
Gambaran
perjalanan naik dari tempat rendah ke tempat tinggi untuk melukiskan
perjalanan ruhani sufi dari nafsu rendah menuju Diri Hakiki ini sesuai
dengan gambaran tentang tatanan wujud dalam ontologi sufi. Tatanan
tersebut dari bawah ke atas ialah: Pertama, alam nasut (alam jasmani, disebut juga alam al-mulk, alam syahadah); kedua, alam malakut (alam kejiwaan, psyche, disebut juga alam misal; ketiga,alam jabarut (alam ruhani); dan keempat alam lahut (alam
ketuhanan) (Md. Salleh Yaapar 2002:83). Seseorang yang mengenal tatanan
alam yang sedemikian itu akan dapat menyempurnakan dirinya secara
maksimal dan berpeluang pula mengenal hakikat dirinya.
Bukhari al-Jauhari dan Taj al-Salatin
Kitab ini selesai ditulis pada tahun 1603 di Aceh Darussalam dan
merupakan satu-satunya karangan Bukhari al-Jauhari yang dijumpai sampai
saat ini. Ketika itu kesultanan Aceh masih berada di bawah pemerintahan
Sultan Alauddin Ri`aayat Syah gelar Sayyid al-Mukammil (1590-1604 M),
kakek Sultan Iskandar Muda (1607-1636 M). Sebagai karya sastra kitab ini
digolongkan ke dalam buku adab, yaitu buku yang membicarakan masalah
etika, politik dan pemerintahan. Uraian tentang masalah-masalah tersebut
dijelaskan melalui kisah-kisah yang menarik, diambil dari berbagai
sumber dan kemudian digubah kembali oleh pengarangnya.
Di antara kitab-kitab yang dijadikan bahan rujukan ialah (1) Syiar al-Mulk atau Siyasat-namah(Kitab Politik) karangan Nizam al-Mulk yang ditulis antara tahun 1092-1106 M; (2) Asrar-namah (Kitab Rahasia Kehidupan) karya Fariduddin `Attar (1188); (3) Akhlaq al-Muhsini karya Husain Wa`iz Kasyifi (1494); (4) Kisah-kisah Arab dan Persia seperti Layla dan Majenun, Khusraw dan Sirin, Yusuf dan Zulaikha, Mahmud dan Ayaz, dan banyak lagi; (5) Kitab Jami’ al-Thawarikh (Kitab Sejarah Dunia) yang ditulis untuk Sultan Mughal di Delhi yaitu Humayun (1535-1556); dan lain-lain.
Gagasan
dan kisah-kisah yang dikandung dalam buku ini memberi pengaruh besar
terhadap pemikiran politik dan tradisi intelektual Melayu. Bab-bab yang
ada di dalamnya, yaitu gagasan dan pokok pembahasannya selalu ditopang
oleh ayat-ayat al-Qur`an dan Hadis yang relevan. Begitu pula kisah-kisah
yang digunakan sebagian berasal dari buku-buku sejarah, di samping dari
cerita rakyat yang terdapat dalam buku seperti Alf Laylah wa Laylah (Seribu
Satu Malam) dan lain-lain. Makna yang tersirat dalam kisah-kisah itu
dapat dirujuk pada ayat-ayat al-Qur`an dan Hadis yang dikutip.
Tema
sentral buku ini ialah keadilan, karena kehidupan sosial keadilanlah
jalan yang mampu membawa manusia menuju kebenaran. Untuk menegakkan
keadilan diperlukan kearifan dan kematangan berpikir. Buku ini dibagi ke
dalam 24 bab. Bab pertama yang merupakan titik tolak pembahasan masalah
secara keseluruhan membicarakan pentingnya pengenalan diri, pengenalan
Allah sebagai Khaliq dan hakekat hidup di dunia serta masalah kematian.
Diri yang harus dikenal oleh setiap Muslim ialah diri manusia sebagai
khalifah Tuhan di atas bumi dan hamba-Nya. Melalui ajaran tasawuf,
Bukhari al-Jauhari mengemukakan sistem kenegaraan yang ideal dan peranan
seorang raja yang adil dan benar. Orang yang tidak adil, apalagi dia
seorang raja,akan menerima hukuman berat di dunia dan akhirat.
Sebaliknya raja yang baik dan adil, akan menerima pahala dan tempat di
sorga. Ia adalah bayang-bayang Tuhan, menjalankan sesuatu berdasarkan
sunnah dan hukum Allah.
Bukhari tidak hanya memberikan makna etis dan moral bagi keadilan,
melainkan juga makna ontologis. Raja yang baik adalah seorang Ulil albab yang
menggunakan akal pikiran dengan baik dalam menjalankan segala perbuatan
dan pekerjaannya, khususnya dalam pemerintahan. Adapun tanda ulil albab ialah:
(1)
Bersikap baik terhadap orang yang berbuat jahat, menggembirakan hatinya
dan memaafkannya apabila telah meminta maaf dan bertobat;.
(2)
Bersikap rendah hati terhadap orang yang berkedudukan lebih rendah dan
menghormati orang yang martabat, kepandaian dan ilmunya lebih tinggi;
(3) Mengerjakan dengan sungguh-sungguh dan cekatan pekerjaan yang baik dan perbuatan yang terpuji.
(4)
Membenci pekerjaan yang keji, perbuatan jahat, segala bentuk fitnah dan
berita yang belum tentu kebenarannya; (5) Menyebut nama Allah
senantiasa dan meminta ampun serta petunjuk kepada-Nya, ingat akan
kematian dan siksa kubur;
(6) Mengatakan hanya apa yang
benar-benar diketahui dan dimengerti, dan sesuai tempat dan waktu, yaitu
arif menyampaikan sesuatu;
(7) Dalam kesukaran selalu bergantung
kepada Allah swt dan yakin bahwa Allah dapat memudahkan segala yang
sukar, asal berikhtiar dan berdoa dengan sungguh-sungguh. Sebagai
pergantungan sekalian mahluq, Allah adalah Maha Pengasih dan Penyayang.
Karena itu seorang raja atau pemimpin harus memenuhi syarat seperti berikut:
(1) Hifz, yaitu memiliki ingatan yang baik;
(2) Fahm, itu memiliki pemahaman yang benar terhadap berbagai perkara;
(3) Fikr, tajam pikiran dan luas wawasannya;
(4) Iradat, menghendaki kesejahteraan, kemakmuran dan kemajuan untuk seluruh golongan masyarakat;
(5) Nur, menerangi negeri dengan Cinta atau kasihsayang.
Dalam fasal ke-5 Bukhari al-Jauhari mengutip Kitab Adab al-Mulk, dan
menyatakan bahwa ada beberapa syarat lagi yang mesti dipenuhi oleh
seorang calon pemimpin atau raja agar dapat memerintah negeri dengan
adil dan benar.
(1) Seorang raja harus dewasa dan matang sehingga
dapat membedakan yang baik dan yang buruk bagi dirinya, masyarakat
banyak dan kemanusiaan;
(2) Seorang raja hendaknya memiliki ilmu
pengetahuan yang memadai berkenaan dengan masalah etika, pemerintahan,
politik dan agama. Dia hendaklah bersahabat dengan orang-orang berilmu
dan cendekiawan, dan bersedia mendengarkan dari mereka berbagai perkara
yang tidak diketahuinya. Penasehat raja seharusnya juga orang yang
berilmu pengetahuan, di samping jujur dan mencintai rakyat;
(3)
Menteri-menteri yang diangkat mesti dewasa dan berilmu, serta menguasai
bidang pekerjaannya; (4) Mempunyai wajah yang baik dan menarik, sehingga
orang mencintainya, tidak cacat mental dan fisik;
(5) Dermawan dan pemurah, tidak kikir dan bakhil. Sifat kikir dan bakhil adalah tanda orang yang syirik dan murtad;
(6)
Raja yang baik harus senantiasa ingat pada orang-orang yang berbuat
baik dan membantu dia keluar dari kesukaran, membalas kebajikan dengan
kebajikan;
(7) Raja yang baik mesti tegas dan berani. Jika rajanya
penakut maka pegawai dan tentara juga akan menjadi penakut. Terutama
dalam menghadapi orang jahat dan negara lain yang mengancam kedaulatan
negara; (
8) Tidak suka makan dan tidur banyak, dan tidak gemar
bersenang-senang dan berfoya-foya, karena semua itu akan membuat dia
alpa dan lalai pada tugasnya sebagai kepala negara;
(9) Tidak
senang bermain perempuan; (10)Sebaiknya seorang raja dipilih dari
kalangan lelaki yang memenuhi syarat dalam memimpin negara. Kecuali
dalam keadaan terpaksa.
Fasal ke-6 dimulai dengan kutipan
Surah al-Nahl ayat 90, “Inna`l-Lahu ya`muru bi`l-`adl wa’l-ihsan” –
Sesungguhnya Allah ta`ala memerintahkan berbuat adil dan ihsan. Sikap
adil ada dalam perbuatan, perkataan dan niat yang benar; sedangkan ihsan
mengandung makna adanya kebajikan dan kearifan dalam perbuatan,
perkataan dan pekerjaan. Raja yang adil merupakan rahmat Tuhan yang
diberikan kepada masyarakat yang beriman, sedangkan raja yang dhalim
sering merupakan hukuman dan laknat yang diturunkan kepada masyarakat
yang aniaya dan bodoh. Hadis lain yang juga dikutip ialah: Raja yang
tidak mencintai rakyatnya akan terhalang memasuki pintu syurga dan
mengalami kesukaran meraih rahmat Allah.
Merujuk pada buku Adab al-Mulk,
Bukhari menyatakan ada tiga perkara utama yang membuat sebuah kerajaan
runtuh: (1) Raja tidak memperoleh informasi yang benar dan rinci tentang
keadaan negeri yang sebenar-benarnya, dan hanya menerima pendapat satu
pihak atau golongan; (2) Raja melindungi orang jahat, keji, bebal, tamak
dan pengisap rakyat; (3) Pegawai-pegawai raja senang menyampaikan
berita bohong, menyebar fitnah, membuat intrik-intrik yang membuat
timbulnya konflik (BERSAMBUNG).
Catatan kaki:
(1)
Empat manuskrip itu ialah Cod. Or. Leiden 2016 (31 ikat-ikatan); Cod.
Or. Leiden 3372 (15 ikat-ikatan); Cod. Or. Leiden 3374 (8 ikat-ikatan);
dan Naskah Jakarta atau Jak. Mal. 83 (30 ikat-ikatan). Lihat Abdul Hadi
W. M. Tasawuf Yang Tertindas: Kajian Hermeneutik Terhadap Karya-karya Hamzah fansuri (Jakarta: Paramadina, 2001:198).
No comments:
Post a Comment